Berbagi Kebaikan by Baitul Maal Hidayatullah - Wujudkan Rumah Quran Makam Rangkah Surabaya

Mari bersama wujudkan Rumah Quran di wilayah Makam Rangkah Surabaya agar anak-anak bisa mengaji dengan aman dan nyaman di tempat yang layak

Wujudkan Rumah Quran Makam Rangkah Surabaya

Lokasi Donasi Jawa Timur
Jawa Timur

Sampai dengan 28 December 2021


0%
28 hari lagi

Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Mari bersama wujudkan Rumah Quran di wilayah Makam Rangkah Surabaya agar anak-anak bisa mengaji dengan aman dan nyaman di tempat yang layak

Bapak Husen adalah tokoh masyarakat pendiri pendopo tempat ngaji dan tempat bacaan di Kawasan Pemakaman Rangkah, tepatnya di Kelurahan Tambak Rejo Kecamatan Simokerto Surabaya.

Beliau sangat prihatin dengan kondisi dikawasan tersebut, dan berniat ingin merubah kehidupan warga disana untuk bisa menjadi lebih baik, terutama akhlak dan prilaku.

Warga disana rata-rata berprofesi sebagai Pemulung, Kuli, Tukang sampah, penjual bunga makam, pengamen, tukang becak.

Ditahun 1990 Beliau mendirikan Kelompok Pengajian yang diberi nama Tombo Ati dengan jumlah jemaatnya masih 12 orang. Beliau juga berinisiatif mencari dana dari Masjid ke Masjid, rumah ke rumah guna pendukung kegiatan pengajian tersebut dan guna pendidikan anak-anak mengaji, Alhamdulillah sekarang ini jemaatnya sekitar 125 orang dari jumlah Keluarga 130 KK.

Ditahun 2005 Beliau membikin Pendopo sederhana buat taman baca dan tempat mengaji buat anak-anak disana, Buku-buku bacaan disana Beliau peroleh dari Pemkot Surabaya, Anak-anak Kuliahan, dan lembaga-lembaga serta masyarakat diluar lingkungan disana.

Alhamdulillah sekarang ini jumlah anak-anak yang mengaji dipendopo tersebut ada sekitar 90 anak.

Salah satunya adalah Salsa yang sudah belajar mengaji sejak kelas 1 SD dan sekarang sudah kelas 3 SMP, Alhamdulillah kini sudah ngaji Al-quran sampai Jus 16. Pekerjaan Orang tuanya sekarang ini penjual bunga makam di pinggir jalan Rangka.

Sekarang ini kondisi pendopo tempat anak-anak mengaji dan membaca sudah banyak yang lapuk kayunya, dan atapnya terlalu rendah dikarenakan pondasinya sudah turun (ambles) kebawah, dan bocor kalau hujan tiba. Itu disebabkan karena sudah dimakan usia dan saat itu dibangun dari kayu-kayu seadanya.

Harapan Bapak Husen sekarang ini adalah dapat segera merenovasi Pendoponya tersebut agar anak-anak bisa mengaji dengan aman dan nyaman di tempat yang layak.

Beliau juga berharap bisa memperbanyak buku-buku bacaan tentang agama dan pengetahuan dipendoponya tersebut dan Beliau juga mempunyai harapan agar anak-anak disana bisa menjadi anak yang pintar dan bermanfaat serta bisa bersekolah tinggi.

***

Dukungan kalian dapat disalurkan melalui

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
3. Pilih metode pembayaran GOPAY/LinkAja/JeniusPay/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program