Berbagi Kebaikan by Baitul Maal Hidayatullah - Bangun Kembali Rumah Quran Alas Terpal Tanpa Atap

Mari bersama kita bantu pak Jumain untuk membangun kembali TPA Alnazer

Bangun Kembali Rumah Quran Alas Terpal Tanpa Atap

Lokasi Donasi Jawa Timur
Jawa Timur

Sampai dengan 23 November 2021


0%
61 hari lagi

Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Mari bersama kita bantu pak Jumain untuk membangun kembali TPA Alnazer

Di balik pepohonan rindang akan terdengar lantunan ayat suci Al-qur’an dari bibir anak-anak. Mereka ingin mendalami tentang Islam meski tempat mereka belajar beratapkan langit.

Bukan perkara mudah bagi siapapun yang ingin ke Dusun Nawangan, Kab. Mojokerto. Setiap orang harus melewati jalan bebatuan dan sangat licin bila hujan turun. Harus ekstra hati-hati agar kamu tidak tergelincir ke jurang.

Tepatnya di puncak bukit Jengger, berdirilah TPA Alnazer sejak tahun 1991 silam. Rumah Al-Qur’an ini didirikan oleh pak Jumain (52) yang merupakan guru satu-satunya di sana.“Awal mula disini Saya sangat sedih melihat keadaan dusun Nawangan, masyarakatnya masih awan dan buta terkait islam, kalaupun iya statusnya baru Islam KTP makanya saya inisiatif dan bertekad ngumpulkan anak-anak saya ajari Iqra”. Tutur pak Jumain.

“Assalamualaikum..”, dari satu pintu ke pintu lain didatangi pak Jumain untuk berdakwah. Dengan hati yang sabar dan ikhlas, dirinya memberikan pemahaman Islam dan pentingnya anak-anak untuk membaca Al-qur'an.

“Alhamdulillah respon baik datang dari warga ketika saya berdakwah. Mereka mempercayakan saya untuk mengajar anak-anaknya membaca Al qur’an, Insya Allah saya menyanggupinya.” lanjut pak Jumain penuh semangat.

Dan disinilah lembaran baru pak Jumain bersama anak-anak Dusun Nawangan di mulai. Hanya bermodalkan kain terpal atau tikar dan beratap langit (terkadang meminjam teras rumah tetangga) jadilah TPA Alnazer, tempat para anak-anak belajar agama dan mengaji.

Cuaca disini tidak bisa ditebak hujan turun secara tiba-tiba, Maklum pak, kalau di puncak gunung iklimnya seperti ini.” Ucap Siti Rohaya, salah satu murid TPA Alnazer.

Walaupun kondisi rumah belajar anak-anak jauh dari kata layak, semangat mereka tidak pernah redup. Untuk belajar di sini pun, pak Jumain tidak pernah memungut biaya 1 rupiah pun!

“Pekerjaan warga di sini rata-rata petani madu hutan, ekonomi mereka terbilang kurang mampu. Rasanya tak tega bila harus memungut biaya, makan saja sudah susah..” ucap pak Jumain.

Masya Allah, betapa mulianya niat pak Jumain membangun rumah Al Qur’an untuk anak-anak tanpa dipungut biaya. Sayang, kondisi rumah ini mengkhawatirkan..

Mari orang baik, kita bersama-sama membantu pak Jumain untuk membangun kembali TPA Alnazer.

Dukungan kalian dapat disalurkan melalui:

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
3. Pilih metode pembayaran
4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program