Berbagi Kebaikan by Baitul Maal Hidayatullah - Bangun Masjid Yang Rusak Akibat Gempa

Bangun Masjid Yang Rusak Akibat Gempa Maluku Utara

Bangun Masjid Yang Rusak Akibat Gempa

Lokasi Donasi Maluku Utara
Maluku Utara

Sampai dengan 19 July 2022


0%
62 hari lagi

Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Bangun Masjid Yang Rusak Akibat Gempa Maluku Utara

Pada Senin, 18 April 2022 tepatnya pukul 12:04 WIT terjadi Gempa Magnitudo 5,2 SR dengan durasi waktu guncangan Desa Ngidiho Kec. Galela Bar, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara kurang lebih selama 4 detik.

Sebelum terjadinya gempa terdengar suara gemuru secara tiba-tiba, setelah suara itu hilang langsung terjadi gempa. Warga langsung berhamburan berlarian keluar dari rumah, takut rumah mereka roboh.

Dari kejadian itu alhamdulillah tidak ada korban jiwa, sekalipun hanya berkekuatan 5,2 SR tapi dampak dari gempa tersebut banyak rumah dan fasilitas umum seperti Masjid yang rusak.

Kerusakan rumah warga dengan jumlah dari 8 Desa total 226 yaitu rusak ringan 105 rumah, rusak sedang 70 rumah dan Rusak berat 51 rumah. Ditambah 1 Sarana ibadah yaitu Masjid Nur Muhammad rusak berat.

Dan setelah beberapa jam kemudian, terjadi gempa susulan lagi sebanyak 5 kali meskipun tidak sekuat gempa pertama, sehingga membuat semua masyarakat panik dan trauma dan sudah tidak berani memasuki rumah mereka.

Bapak H. Bahrun Biramasi salah seorang marbot masjid Nur Muhammad dengan usia hampir mendekati 1 abat (100 tahun), yang telah mengabdikan dirinya untuk mengurusi masjid selama kurang lebih 60 tahun tanpa ada bayaran apapun.

Dimasa mudanya ia adalah salah seorang yang sangat menyukai ke masjid hingga akhirnya ia diangkat oleh imam dan masyarakat adat setempat untuk menjadi marbot masjid. Namun kini masjid yang begitu dicintai yang sering ia urusi dan gunakan untuk mengumandangkan adzan dan sholat berjama'ah tidak dapat lagi digunakan akibat dari gempa 5,4 SR yang menghantam masjid Nur Muhammad pada hari Senin 18 April 2022.

"Gempa yang menimpa masjid, sekarang tidak bisa lagi digunakan untuk melakukan aktivitas ibadah seperti mengumandangkan adzan dan sholat berjamaah. Sehingga kami dan masyarakat muslim desa Ngidiho berharap semoga akan ada para kaum muslimin dan pencinta Kebaikan turut membantu kami untuk membangun masjid baru agar dapat kami gunakan untuk sholat berjama'ah. Semoga musibah ini tidak terjadi kembali. Insyaallah ada hikmah yang bisa kita ambil dari musibah ini." tutur Bapak H. Bahrun Biramasi.

Dukungan kalian dapat disalurkan melalui:

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
3. Pilih metode pembayaran
4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program