ImageBangun Masjid Pertama Mualaf Togutil Halmahera...
Image

Bangun Masjid Pertama Mualaf Togutil Halmahera

Rp 154.908.200 terkumpul dari Rp 200.000.000
1077 Donasi 2 bulan, 4 hari lagi

Penggalang Dana

Image
Image
Verified Organization

Inilah suasana pembinaan Muallaf suku togutil di malam hari, meski dalam kondisi tanpa penerangan para muallaf antusias belajar mengenal Al Quran.

Suku Togutil atau dikenal juga sebagai Suku Tobelo Dalam merupakan suku terasing yang tinggal di dalam hutan Totodoku, Tukur-Tukur, Lolobata, Kobekulo dan Buli di Halmahera Timur Maluku Utara. Kehidupan mereka tergantung dari alam sekitar. Untuk mencari makan biasanya mereka masih mencari dengan berburu dan meramu di sekitar hutan mereka.

Rumah-rumah mereka terbuat dari kayu bambu dan beratap daun woka serta daun palem sejenis Livistonia sp. Umumnya rumah mereka tidak berdinding dan berlantai papan panggung.

Agama asli yang dianut Orang-orang suku togutil yaitu kepercayaan yang terpusat pada ruh-ruh yang menempati seluruh alam lingkungan. Mereka percaya akan adanya kekuatan dan kekuasaan tertinggi yaitu Jou Ma Dutu, pemilik alam semesta yang biasa disebut juga dengan o -gokiri-moi yang berarti jiwa atau nyawa.

Alhamdulliah cahaya Ilahi telah menerangi mereka sekarang ini. Ustaz Nurhadi, dai dari Hidayatullah, yang memperkenalkan Islam kepada mereka. Alhamdulillah, berkat pendekatan dan pendampingan yang dilakukannya, suku Togutil perlahan-lahan tertarik pada agama rahmatan lil ‘alamin ini. 

Saat ini, sudah sekitar 200 orang lebih suku Togutil memeluk agama Islam. Sedikit demi sedikit mereka diajari ajaran Islam, berwudhu, sholat, membaca AL Quran, berpakaian, dan berperilaku baik.

Saat ini orang-orang suku Togutil ini sudah banyak yang mengenal Islam. Satu persatu mereka menyatakan diri untuk masuk Islam. Bersyukur ada dai yang siap membina mereka keluar masuk hutan.

Ustadz Nurhadi berdakwah di pedalaman Halmahera membina Suku Togutil dimana mereka masih kental terhadap kepercayaan animisme. Dalam dua tahun itu juga, sudah tak terhitung dia bolak-balik dari Kota Ternate ke Patlean, Maba Utara, Halmahera Timur dengan perjalanan darat dan laut. Bertolak dari Ternate naik speedboat satu jam menuju Ibu Kota Maluku Utara, Sofifi. Kemudian dari Sofifi Nurhadi, akan melanjutkan perjalanan darat sekitar 4 jam menuju Tobelo.

Di Tobelo biasanya dia akan belanja bahan pokok yang akan dibagikan kepada orang-orang Togutil. Selanjutnya, dia naik feri malam sekitar 8 jam menuju Patlean, berangkat tengah malam dan tiba di subuh hari. Kapal berhenti di tengah lautan, kemudian perahu kecil akan menjemputnya menuju daratan.

Tantangan yang berat bila musim hujan tiba, pendopo tidak berdinding dan beratap dari daun woka yang dipakai buat musholla baut mengajar mengaji dan ibadah sholat ini, tidak bisa dipakai. Karena lantainya yang terbuat dari kayu basah, dan jalan tanah menjadi becek dan licin.   

Kini muallaf dari suku Tugotil serta masyarakat sekitar membutuhkan masjid sebagai tempat untuk pembinaan dan menjalankan ibadah secara lebih baik lagi, karena di daerah ini sama sekali belum ada masjid. Wujudkan solidaritas kita untuk mengokohkan hidayah bagi suku terasing dan pedalaman dengan mewujudkan masjid sebagai tempat sujud dan menyempurnakan ibadah mereka. Keberadaan masjid ini akan sangat berharga keberadaannya. 

Mari bersama untuk menguatkan dakwah di pedalaman, Halmahera dan pulau terpencil lainnya. Dukungan kamu dapat disalurkan melalui:

  1. Klik tombol DONASI SEKARANG
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

  • Januari, 22 2024

    Campaign is published

Sunarto1 hari yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 99.090
Orang Baik2 hari yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 25.058
Orang Baik3 hari yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 100.050
Orang Baik3 hari yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 200.019
Nenny thoiyibah 4 hari yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 25.010

Fundraiser (5)

Baitul Maal Hidayatullah
Berhasil mengajak 667 orang untuk berdonasi.
Rp  92.827.207
Berbagi Kebaikan
Berhasil mengajak 309 orang untuk berdonasi.
Rp  47.887.159
CRM
Berhasil mengajak 30 orang untuk berdonasi.
Rp  6.155.621
Abdul Latif Syaepul Anwar
Berhasil mengajak 43 orang untuk berdonasi.
Rp  5.377.001
melky
Berhasil mengajak 15 orang untuk berdonasi.
Rp  1.385.734
Ayo jadi Fundraiser dan berikan manfaat melalui program ini.

Doa-doa orang baik (519)

Sunarto1 hari yang lalu
Berharap bisa segera selesai di bangun masjidnya, berkah dan manfaat utk muslim di Togutil. Semoga Allah jadikan donasi ini sebagai amal jariyah. Aamiin...
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Orang Baik2 hari yang lalu
Bismillah semoga berkah dan bermanfaat. Semoga Allah senantiasa melindungi kita dan memberikan kita kesehatan, umur yang panjang dan berkah, rizki berlimpah
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Orang Baik3 hari yang lalu
Semoga bisa menjadi amal jariah aamiin
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Nenny thoiyibah 4 hari yang lalu
Semoga Allah ampuni kita, ortu kita, orang2 yg pernah kita zhalimi maupun yg pernah kita qhibahi, aamiin
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Orang Baik1 bulan yang lalu
semoga segera terbangun masjidnya
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Bagikan melalui:
✕ Close