Berbagi Kebaikan by Baitul Maal Hidayatullah - Air Bersih untuk Santri di Pelosok Desa

Mari sahabat, bersama kita bantu santri di pelosok daerah melalui pengadaan sumber air bersih guna memudahkan mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama dalam beribadah

Air Bersih untuk Santri di Pelosok Desa

Lokasi Donasi Jawa Timur
Jawa Timur

Sampai dengan 28 February 2021


0%
32 hari lagi

Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Mari sahabat, bersama kita bantu santri di pelosok daerah melalui pengadaan sumber air bersih guna memudahkan mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama dalam beribadah

Kering kerontang saat kemarau, hanya Sendang (kolam air) peninggalan Majapahit ini "sumber air" bagi 32 santri pelosok Lamongan.
Ternyata masih banyak saudara kita yang mengalami kekeringan saat musim kemarau. Tak sedikit mereka harus menuruni tebing diperbukitan untuk mencapai titik air bersih.

Salah satunya, para santri di Pondok Pesantren At-Tanwir, Dusun Pangkat Desa Pule Kec. Modo Kab. Lamongan.

Pesantren yang berdiri sejak tahun 2007 itu dengan bangunan sederhana, dinding belum selesai semua dikerjakan, dihuni oleh 32 santri tingkat SD dan SMP.

Setiap hari, mereka membaca lantunan Al-Quran dengan merdu. Menghafal per ayat demi ayat agar bisa menjadi Hafidz Quran. Namun menyayat hati, saat adzan tiba para santri kebingungan mendapatkan air bersih untuk berwudhu.

Mereka harus bersusah payah berburu air dengan bawa ember dan jerigen. Tempuh perjalanan sejauh 500 meter. Jalanannya menanjak dan menurun, menuju satu-satunya sumber air yang ada yaitu sendang peninggalan jaman majapahit.

sendang itu penuh air jika musim penghujan, Jika kemarau maka sendang yang mereka sebut sebagai sumur itu akan kering kerontang.

Pernahkah kamu terbayang? Minum, mandi, dan berwudhu menggunakan air keruh berwarna coklat? Sudah tercampur dengan tanah. Tapi para santri tak memiliki pilihan lain.

Bagi kami, nggak apa-apa kita pakai air keruh dibanding nggak wudhu untuk sholat. Ketika mau wudhu, para santri mengambil air pakai ember kecil dan jurigen”, kata Ustadz Yusuf selaku Pengasuh Pesantren.

Air bersih mahal banget di sini.” ucap salah satu santri.

Sahabat, seringkali kita membuang-buang air di rumah. Entah itu membiarkan bercucuran dari pagi sampai malam. Dibalik itu, ada anak-anak santri yang sedang berjuang menghafal Al-Quran namun harus membanting tulang rusuknya untuk mendapatkan air.

***

Dukungan kalian dapat disalurkan melalui

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
3. Pilih metode pembayaran GOPAY/LinkAja/JeniusPay/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program

Logo Baitul Maal Hidayatullah

Baitul Maal Hidayatullah